pengertian flip flop
katakoala.com

Pengertian Flip Flop, Rangkaian Sekuensial Dari Gerbang Logika

Posted on

Pengertian Flip Flop – Dalam membahas ruang lingkup gerbang logika, kita mengenal sebuah sirkuit elektronika bernama flip flop. Suatu rangkaian sekuensial sederhana yang terdiri dari beberapa gerbang logika.

Pada umumnya flip flop merupakan rangkaian dasar yang digunakan untuk menyimpan memori pada smartphone atau komputer. Flip flop dapat menyimpan nilai dalam rangkaian yang dapat diakses melalui jalur keluarannya (output).

Selain sebagai rangkaian yang berfungsi untuk menyimpan informasi, flip flop juga dapat digunakan sebagai alat penghitung detak. Atau sebagai alat penyinkronisasian input sinyal waktu variabel untuk beberapa sinyal waktu referensi.


Memahami Pengertian Flip Flop


simastahku.blogspot.com

Pada dasarnya pengertian flip flop adalah rangkaian gerbang logika yang berfungsi menyimpan data digital meskipun keadaan sinyal masukannya tidak aktif. Dalam sebuah komponen elektronika sederhana, biasanya gerbang dasar tidak dapat menyimpan nilai atau informasi.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan rangkaian elektronika digunakanlah rangkaian sekuensial bernama flip flop. Rangkaian ini terdiri dari 2 nilai keluaran (output) yang stabil dengan nilai komplementer, dilambangkan dengan Q dan Q’.

Artinya salah satu output dari flip flop ini merupakan komplemen nilai keluaran yang lain. Jika nilai logika keluaran yang satu bernilai tinggi (1), maka keluaran lainnya akan benilai rendah (0).

Namun tingkat tegangan pada kedua keluaran flip flop terbilang stabil selama tidak ada pemicu lain (trigger). Hal ini menandakan flip flop merupakan pengaplikasian gerbang logika yang bersifat Multivibrator Bistabil.

Flip flop menyimpan suatu keadaan logika (baik tinggi ‘1’ atau rendah ‘0’) hanya secara sementara (semi permanen). Ketika sumber daya (arus listrik) diputus maka semua data digital yang tersimpan akan hilang. Flip flop akan terus menyimpan data selama tidak ada instruksi khusus untuk merubah atau menghapusnya.

Secara sederhana pengertian flip flop adalah bagian memori dari dari rangkaian sekuensial. Yaitu rangkaian yang outputnya dipengaruhi oleh kombinasi masukan yang diberikan dan keluaran sebelumnya.

Sehingga membutuhkan flip flop sebagai rangkaian penyimpan (memori) untuk menyimpan dan mengakses keluaran yang telah dihasilkan sebelumnya. Selanjutnya keluaran tersebut digabungkan dengan kombinasi masukan terbaru untuk memperoleh keluaran terbaru pula.

SR Flip Flop

pengertian flip flop
electronics.tutorials.ws

SR atau RS flip flop merupakan rangkaian dasar dari semua jenis flip flop yang ada. S (set) dan R (reset) merupakan dua masukan dengan keluarannya diberi label Q dan Q’ yang memiliki nilai berlawanan (komplementer).

Sistem dikatakan berada dalam kondisi stabil I apabila menghasilkan nilai output Q = 1 dan Q’= 0, sebaliknya stabil II apabila nilai Q = 0 dan Q’ = 1. SR Flip-flop dibangun dari beberapa gerbang logika, contoh gerbang logika yang dapat membangun SR flip flop adalah gerbang NAND dan gerbang NOR.

Gerbang NAND memiliki karakteristik satu sinyal output (keluaran) dapat dihasilkan dari dua atau lebih sinyal input (masukan). Apabila sinyal keluaran yang diharapkan bernilai rendah (0) maka semua sinyal input yang dimasukkan harus dalam keadaan tinggi (1).

Jika kedua atau salah satu input bernilai 0 maka output yang dihasilkan akan bernilai 1, begitu pula sebaliknya.

Karakteristik gerbang NOR adalah hanya mengenali sinyal masukan yang semua nilai logikanya rendah (0). Apabila menginginkan keluaran (output) dengan nilai logika yang tinggi (1), maka semua sinyal masukan (input) harus dalam keadaan nilai rendah (0), berlaku sebaliknya.

Nah, dari penjelasan mengenai pengertian flip flop di atas sudah dapat sedikit pencerahan dong ya. Jika masih bingung maka baca dulu artikel sebelumnya mengenai pengertian gerbang logika. Semoga berfaedah ya.

Keyword : Pengertian Flip Flop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *