Pengertian Proximity Sensor | Teknologi Canggih Di Ponsel Layar Sentuh

Pengertian proximity sensor

Pengertian Proximity Sensor – Menurut Petruzella (2001) sensor adalah alat untuk mendeteksi atau mengukur sesuatu yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis, magnetis, panas, sinar, atau kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Semua panca indera yang dianugerahkan kepada kita juga termasuk ke dalam alat-alat sensor.

Telinga merupakan sensor pendengaran, mata sensor penglihatan, lidah sensor pengecap, dan lain sebagainya. Kontrol sensor dalam sistem kerja panca indera kita adalah otak, dimana sinyal yang masuk disampaikan oleh saraf ke otak untuk diolah menjadi keluaran.

Dalam sistem pengendali elektronika, kinerja sensor dibuat menyerupai panca indera manusia dengan menggunakan kontroler sebagai otaknya. Sebagai contoh fungsi sensor dalam pengaturan elektronik adalah mengubah tegangan cahaya menjadi besaran listrik.


Memahami Pengertian Proximity Sensor


1. Pembagian Jenis Sensor

Pengertian proximity sensor
kelasplc.com

Secara garis besar jenis sensor terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sensor biologi, sensor fisika, dan sensor kimia. Sensor biologi adalah jenis sensor yang mengukur tentang molekul maupun biomolekul seperti tingkat glukosa, oksigen, kadar protein atau hormon.

Sedangkan sensor fisika adalah sensor yang bekerja dengan mendeteksi suatu besaran berdasarkan hukum-hukum fisika. Segala hal yang tergolong dalam pengaturan elektronika seperti sensor suhu, sensor cahaya, dan sensor suara tergolong ke dalam jenis sensor fisika.

Sensor kimia membahas segala hal mencakup perubahan suatu zat kimia dan merubahnya menjadi besaran listrik. Perubahan ini biasanya melibatkan berbagai jenis reaksi kimia di dalamnya. Seperti reaksi perubahan pH, perubahan kadar oksigen, maupun sensor dalam mendeteksi suatu gas.

Dalam bidang elektronika sensor ini disebut juga sebagai saklar, dimana kinerjanya adalah untuk mendeteksi target berjenis logam tanpa memerlukan kontak fisik.

Mayoritas sensor ini terdiri dari elemen elektronis solid-state yang terbungkus rapat. Agar sensor tersebut terhindarkan dari pengaruh getaran, korosif, kimiawi, dan cairan lain yang berlebihan.

Salah satu jenis sensor yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah proximity sensor. Tergolong ke dalam jenis sensor fisika yang juga dikenal sebagai sensor jarak yang bekerja berdasarkan titik jarak suatu objek terhadap sensor.

2. Pengertian Proximity Sensor

blog.unnes.ac.id

Pengertian proximity sensor adalah sensor yang hanya mendeteksi “keberadaan” objek namun tidak memberikan nilai “kuantitas”. Artinya saat proximity sensor hanya mendeteksi ada atau tidak adanya logam pada keluaran dari detektor.

Sensor ini tidak mendeteksi jumlah, jenis, ketebalan, suhu, dan informasi lainnya mengenai kuantitas logam. Hal ini juga berlaku untuk keluaran non-logam, dimana keluaran yang terdeteksi hanya ada atau tidak ada non-logam.

Proximity sensor merupakan rangkaian alat atau sirkuit yang terdiri dari alat elektronis solid-state dan beberapa komponen lainnya yang terangkai menjadi satu. Komponen-komponen tersebut dibungkus rapat agar terhindar dari pengaruh getaran, korosif, kimiawi, dan cairan lain yang berlebihan.

Berdasarkan jenis keluaran yang dideteksinya, proximity sensor terbagi ke dalam dua jenis. Yaitu sensor yang mendeteksi keluaran logam disebut “proximity inductive”, sedangkan yang berfungsi mendeteksi keluarn non-logam disebut sebagai “proximity capacitive”.

Prinsip kerja proximity sensor adalah mendeteksi objek dalam nilai jarak yang normal, atau dalam area sensing jangkauannya (sekitar 1 mm). Saat ada objek (keluaran) yang terdeteksi maka area sensing pada sensor akan merubah nilai output pertanda adanya objek pada detektor.

Satu lagi jenis sensor jarak yaitu “Proximity Optik”, yang berfungsi mendeteksi adanya objek cahaya menggunakan sinar infra merah. Prinsip kerjanya yaitu mendeteksi sebuah objek (benda) menggunakan refleksi cahaya dalam satuan jarak tertentu.

Jika sebuah benda terdeteksi dalam jarak yang sensitif, artinya benda tersebut mengenai cahaya dari sensor, maka cahaya akan berefleksi ke reseptor (penerima) sehingga diterjemahkan sebagai keluaran oleh detektor.

Salah satu pengaplikasian sensor proximity optik yaitu teknologi air gesture pada ponsel layar sentuh. Misal saat kita menerima telfon, dimana layar ponsel tetap terkunci meski bersentuhan dengan telinga. Sinar infra red pada ponsel mendeteksi adanya benda di depan ponsel sehingga layar ponsel tetap terkunci.

3. Pemanfaatan Sensor Proximity

hotdanterbaru.com

Dalam dunia industri, proximity sensor paling banyak digunakan karena memiliki fungsi yang beragam. Proximity sensor juga mendorong inovasi dalam pembuatan perangkat baru baik itu perangkat elektronik seperti gadget, mesin, dunia robot, hingga alat-alat perkantoran.

Dalam pengaplikasiannya sensor ini mendeteksi kehilangan magnetik karena arus yang dihasilkan pada permukaan konduktif oleh medan magnet eksternal. Tentu saja cara kerja ini dalam jarak maksimum, dimana disebut sebagai nominal range atau kisaran nominal.

Jika melebihi jarak maksimum maka sensor ini tidak dapat mendeteksi benda atau objeknya. Awal mulanya proximity sensor memang digunakan untuk mendeteksi keberadaan logam pada zaman perang.

Namun seiring perkembangan zaman dilakukan berbagai modifikasi dalam pemanfaatan sensor proximity. Berikut beberapa fungsi sensor proximity dalam pemanfaatannya di berbagai perangkat:

Penggunaan Proximity Sensor Pada Smartphone

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika sensor proximity dimanfaatkan untuk teknologi air gesture pada smartphone. Yaitu sebuah sensor yang memudahkan pengguna untuk mengakses smartphone tanpa harus menyentuh layar handphone tersebut.

Sebelum lahir teknologi ponsel pintar, sensor proximity sama sekali tidak digunakan di industri gadget. Namun setelah dikenalnya teknologi layar sentuh, sensor jarak ini mulai ditanamkan pada ponsel yang saat ini Anda genggam.

Bisa dibuktikan saat Anda melakukan panggilan telepon, layar handphone Anda otomatis akan padam saat didekatkan pada telinga. Namun saat dijauhkan dari telinga, layar handphone ponsel Anda juga otomatis akan menyala, nah disitulah sensor jarak bekerja.

Ketika melakukan panggilan sensor proximity mengirimkan sinyal untuk menonaktifkan fungsi layar sentuh. Sehingga layar ponsel tidak akan berfungsi saat bersentuhan dengan telinga. Setelah panggilan diakhiri sensor proximity akan kembali mengirimkan sinyal sehingga layar ponsel Anda otomatis aktif.

Jika tidak ada sensor jarak pada smartphone tentu layar ponsel Anda akan terus menyala saat melakukan panggilan baik itu melakukan aplikasi atau panggilan berbayar (pulsa). Berbagai kemungkinan buruk dapat terjadi, seperti menekan tombol panggilan ke nomor lain secara acak.

Tentu saja hal tersebut akan menyulitkan Anda karena terganggu hal-hal kecil saat menelepon bukan?

Namun perlu diketahui jika tingkat sensitivitas sensor jarak akan mengalami penurunan seiring dengan tingkat pemakaian ponsel. Biasanya ditandai dengan kepekaan sentuhan pada layar yang sering terjadi eror atau kurang sensitif dan loading yang lama.

Degradasi fungsi ponsel layar sentuh biasanya mulai terlihat pada ponsel yang berumur lebih dari 5 tahun. Solusinya jika tidak piawai merawat maka harus ganti dengan ponsel yang baru. Hehehe

Penggunaan Proximity Sensor Pada Mesin Pengemasan

Sudah tahu jika sensor proximity digunakan pada industri pengalengan? Yup benar, lebih tepatnya digunakan pada proses pengepresan atau penutupan kaleng. Tak hanya pengalengan, melainkan semua industri yang menggunakan proses penutupan seperti botol atau minuman gelas lainnya.

Sensor jarak akan bekerja saat ada botol/ kaleng/ gelas/ yang berisi produk mendekat dan siap ditutup. Secara otomatis mesin penutup kaleng atau botol akan bekerja dengan sendirinya dan melakukan pengepresan sehingga kaleng atau botol atau gelas tertutup sempurna tanpa ada celah udara.

Tak hanya pada industri pengalengan atau botol, sensor proximity juga digunakan pada industri pengepresan label dengan cara kerja yang sama. Namun seperti halnya pada smartphone lama kelamaan sensor ini juga akan mengalami penurunan kinerja dimana sensitivitasnya melemah.

Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan atau eror pada proses pengepresan. Untuk itu perawatan yang baik dan pengecekan yang rutin perlu dilakukan.


Nah, dari ulasan singkat mengenai contoh dan pengertian proximity sensor di atas sudah terbayang dong ya bagaimana kinerja sensor ini. Jika berbicara tentang kecanggihan teknologi memang tak akan ada habisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *