Kumpulan Cara untuk Mempercepat IDM

Kumpulan Cara untuk Mempercepat IDM

IDM (Internet Download Manager) merupakan program/aplikasi/software download manager pihak ketiga di PC yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kecepatan download ketika kamu sedang men-download file dengan ukuran yang besar. IDM merupakan software berbayar namun jika kamu baru pertama kali menggunakannya, kamu akan mendapatkan masa trial/uji coba selama 30 hari.

IDM juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya digunakan oleh banyak orang, mulai dari mempercepat kecepatan download yang terbilang tinggi, kemudahan penggunaan untuk mengunduh berbagai macam file dan video di berbagai situs web. Jika ada video yang ingin kamu unduh di situs web manapun kamu cukup menekan tombol “Download this video”.

IDM pada dasarnya sudah mempercepat kecepatan download, namun saat ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat lebih mempercepat IDM yang kamu gunakan di PC kamu. Sehingga kamu bisa lebih cepat lagi ketika mengunduh file dengan ukuran yang besar.

Cara Mempercepat IDM

Jika kamu sedang mencari bagaimana cara mempercepat IDM, berikut merupakan kumpulan cara untuk mempercepat IDM yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan Setting IDM

Kumpulan Cara untuk Mempercepat IDM
jalantikus.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat IDM di PC atau laptop kamu adalah dengan melakukan konfigurasi di pengaturan (Settings) IDM. Dengan menggunakan cara ini kamu tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan lainnya untuk mempercepat IDM di PC atau laptop-mu. Cara ini pun juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Pertama buka aplikasi IDM yang sudah terinstall di PC atau laptop kamu.

Selanjutnya pilih dan klik menu “Download” lalu pilih “Options”.

Jika sudah, maka akan muncul jendela baru dengan banyak tab menu yang bisa dipilih. Pada tampilan jendela ini pilih “Connection”.

Lalu ubah opsi “Connection Type/Speed” menjadi “High Speed: Direct Connection (Ethernet/Cable)/ WiFi/ Mobile 4G/ Other”.

Jika sudah, ubah juga angka di “Default max. conn. number” menjadi 32 (yang paling besar) jika kecepatan internet yang kamu miliki mencapai 1 Mbps. Ubah menjadi 16 jika kecepatan internet yang kamu miliki tidak mencapai 1 Mbps.

2. Menggunakan Settings Registry Editor

Kumpulan Cara untuk Mempercepat IDM
jalantikus.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat IDM kamu adalah dengan melakukan konfigurasi pada Settings Registry Editor. Cara ini juga tidak memerlukan program atau software tambahan yang perlu di install di PC atau laptop kamu. Selain itu cara ini juga sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena kamu hanya memberikan sedikit konfigurasi pada Settings Registry Editor.

Pertama, jalankan fitur “Run” pada Windows dengan cara menekan “tombol Windows + R” pada keyboard. Bisa juga dengan cara klik kanan pada logo “Start” lalu pilih “Run”. Lalu ketik “Regedit” (tanpa tanda kutip) dan klik OK.

Buka folder IDM pada Registry Editor dengan cara pilih Computer > HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Internet Download Manager.

Selanjutnya cari dan klik kanan pada “Connection Speed”, pilih Modify ubah angka “Value Data” menjadi 999999. Pastikan “Opsi Base” sudah menjadi “Decimal” dan klik OK.

3. Menggunakan IDM Optomizer

Kumpulan Cara untuk Mempercepat IDM
jalantikus.com

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan IDM Optimizer. Cara ini merupakan cara di mana kamu bisa mempercepat IDM menggunakan program atau software tambahan namun dengan penggunaan yang sangat mudah.

Jika kamu merasa cara-cara sebelumnya agak rumit karena langkah-langkahnya dalam mengkonfigurasi pengaturan, baik dari aplikasi IDM sendiri atau konfigurasi pada Registry Editor, maka kamu bisa menggunakan aplikasi atau software tambahan yang satu ini.  Selain mudah digunakan, IDM Optimizer hanya memerlukan satu kali klik saja untuk mempercepat IDM dan mengembalikan ke pengaturan awal.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba menggunakan IDM Optimizer kamu bisa mendownloadnya di sini (https://www.softpedia.com/get/Internet/Download-Managers/IDM-Optimizer.shtml)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.