√ 9 Tips dan Trik Menjadi Programmer yang Handal & Sukses

9 Tips dan Trik Menjadi Programmer yang Handal & Sukses

Tips dan Trik Menjadi Programmer yang Handal – Dunia programmer sekarang ini tergolong dunia yang banyak dilirik oleh konsumen di dunia bisnis, terlebih konsumen yang ingin meningkatkan pendapatannya melalui sistem online atau operasional berbasis komputer.

Seorang programmer umumnya dibutuhkan untuk menangani beberapa masalah, seperti:

1. Membentuk sebuah program khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan data yang ada pada perusahaan bersangkutan.

2. Membuat sebuah program yang berfungsi mempermudah upload maupun download data yang berhubungan dengan administrasi perkantoran.

3. Membuat program yang berhubungan dengan launching produk dari perusahaan bersangkutan yang selalu dilakukan secara berkala.

4. Membuat program khusus yang bisa terintegrasi dengan seluruh sistem yang ada pada perusahaan sehingga pemantauan dan kontrol bisa menjadi lebih mudah.

5. Membuat software atau program yang membuat pemasaran barang serta jasa dari perusahaan tertentu meningkat, terlebih ketika perusahaan yang bersangkutan ingin mengintegrasikan sistem pemasaran dengan memakai perangkat telepon genggam.


Tips dan Trik Menjadi Programmer


Setelah memahami pentingnya programmer diatas, berikut adalah tips maupun trik yang bisa diterapkan untuk menjadi seorang programmer handal.

1. Fokus dan pelajari hal dasar

Ketika Anda ikut kursus menjadi programmer, ikuti pelatihan dasar yang mengkombinasikan beberapa disiplin ilmu seperti logika, algoritma, matematika diskrit, maupun bahasa pemrograman.

Untuk masalah bahasa pemrograman, pilih salah satu jenis bahasa yang menurut Anda bisa dikuasai dengan mudah.

Fokuslah pada pembelajaran yang Anda sukai karena dengan begitu, Anda bisa mengembangkan potensi yang Anda miliki untuk membuat sendiri software sesuai kebutuhan.

2. Pelajari dasar infrastruktur internet

Saat Anda memiliki cita-cita menjadi seorang programmer kreatif, pelajari terlebih dahulu dasar infrastruktur internet, seperti protokol dasar untuk perintah aplikasi (HTTP, FTP, atau POP3), perangkat lunak yang berhubungan dengan server dan peramban akses, maupun perangkat yang berhubungan dengan fasilitas kirim email (surat menyurat).

Dengan mempelajari hal-hal tersebut, Anda bisa mencoba berlatih memodifikasi program yang sudah ada agar lebih sempurna.

3. Memahami algoritma

Saat ingin menjadi seorang programmer yang handal, jangan pernah hanya menghafal teori yang didapat, melainkan mengembangkan teori yang ada dengan pelajaran algoritma.

Pembelajaran algoritma bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang sering timbul dalam sebuah program dan menyelesaikannya secara terstruktur.

Pembelajaran menyeluruh tentang algoritma juga bisa membantu dalam mengembangkan logika berpikir Anda saat berhadapan dengan masalah program yang terkadang berbeda antara program satu dengan lainnya.

4. Jangan biasakan “copy paste”

Saat Anda belajar bahasa pemrograman di bangku kuliah atau tempat kursus, jangan hanya memandang teori yang diberikan oleh instruktur dan mengcopy-pastenya.

Pahami alur bahasa program yang ingin disampaikan instruktur Anda dan cobalah mengembangkan alur kode program tersebut sesuai metode yang lebih Anda mengerti.

Dengan demikian, Anda bisa melatih ketangkasan dan logika berpikir untuk menciptakan program baru yang lebih mudah diaplikasikan dalam permasalahan yang serupa.

5. Minta bantuan teman atau orang yang lebih ahli

Saat Anda ingin menjadi seorang ahli programmer, tak ada salahnya Anda meminta bantuan pada seorang teman atau kenalan yang lebih ahli di bidang yang sama.

Dengan meminta bantuan mereka, Anda bisa mengkonsultasikan permasalahan yang selama ini sering dialami dan mendapat jalan keluar yang tidak beresiko tinggi untuk diterapkan.

Namun demikian, setelah Anda melakukan konsultasi, jangan lupa menerapkan langsung bahasan yang sudah dikonsultasikan pada bahasa program yang Anda sukai.

6. Mencoba membuat program sederhana

Ketika Anda sudah mempelajari berbagai basis data, seperti MS. Access, mySQL, maupun paradox, cobalah membuat program sederhana dari kasus yang dipelajari.

Contohnya saat Anda mendapatkan proyek untuk membuat program yang memudahkan pencatatan barang pada sebuah swalayan, Anda hanya perlu mengerjakan program mulai dari sistem entry data saat ada barang masuk dan keluar, sistem pemesanannya oleh pelanggan, serta sistem pelaporan berkala yang bisa diakses via komputer.

Saat Anda mencoba membuat program, cobalah sampai program tersebut berhasil atau layak pakai.

Dengan begitu, secara tidak langsung kemampuan logika berpikir Anda terasah dengan baik dan Anda bisa menanggulangi masalah serupa saat menemukannya kembali di lain waktu.

7. Bergabung menjadi anggota komunitas programmer

Saat Anda ingin menjadi seorang programmer yang berhasil dan diakui kinerjanya, tak ada salahnya untuk bergabung kedalam komunitas programmer yang ada dilingkungan kampus maupun kota Anda.

Ikuti event yang sering digelar komunitas tersebut untuk menambah pengetahuan tentang program dan mengasah kemampuan dalam menghadapi masalah yang sering muncul dalam bahasa program.

Namun demikian, saat Anda melihat ada persaingan dalam komunitas tersebut, pastikan persaingan yang terjadi tergolong persaingan atau kompetisi sehat yang bisa membangun mental Anda sebagai programmer menjadi lebih handal.

8. Belajar melalui halaman web

Menjadi seorang programmer memang tidak bisa ditempuh secara otodidak, namun ilmu yang didapat dibangku kuliah atau tempat kursus bisa dikembangkan saat Anda menjelajahi dan mempelajari bahasa yang sering digunakan dalam sebuah website.

Anda bisa membuka berbagai website sekaligus dan melihat konteks perbedaan halaman.

Dengan survey yang Anda lakukan secara langsung pada beberapa website yang berbeda, Anda bisa mencari kekurangan setiap website dan mencoba mencari celah untuk menyempurnakannya sebagai bentuk pembelajaran diluar teori kuliah.

9. Pelajari struktur situs

Selain mempelajari bahasa program yang diterapkan pada sebuah alamat situs atau website, pelajari juga struktur situs terkait konsep diagram web, peta situs, dan struktur navigasi untuk mencr bahasan tertentu.

Makin jelas struktur situs yang Anda pelajari, makin tinggi pula kemampuan Anda untuk belajar meregenerasi atau berinovasi mengubah struktur situs menjadi lebih baik.

Keyword: Tips dan Trik Menjadi Programmer

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.