Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF

PDF merupakan sebuah format dokumen digital yang banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan dan profesi. Dokumen dengan format PDF dapat menyimpan tulisan dan berbagai macam format gambar dalam satu dokumen dan membuatnya menjadi lebih enak untuk dilihat atau di baca. Selain itu file PDF juga sangat mudah dibuat dan digunakan atau diakses di mana saja.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab banyak keuntungan jika menggunakan file dengan format PDF. Beberapa diantaranya adalah kamu bisa membuat file PDF ini dari berbagai macam pengolah dokumen, menyesuaikan tampilan PDF dengan media di mana kita mengaksesnya, baik dari smartphone atau PC.  File dengan format PDF juga dapat kamu edit atau kamu tambahkan password untuk proteksi dokumen yang kamu buat dengan format ini.

Namun sayangnya file dengan format PDF mempunyai ukuran yang terbilang cukup besar. Meskipun hal ini umumnya tergantung dari isi dari file PDF tersebut, namun tentunya akan banyak memakan penyimpanan jika menyimpannya dalam jumlah yang banyak dan akan menjadi masalah jika ingin mengirim file PDF ini melalui email yang mempunyai batasan atau limit dari ukuran file yang akan dikirimkan.

Cara Kompres PDF

Jika kamu ingin membuat file PDF yang kamu miliki menjadi lebih ringan dan tidak terlalu besar, berikut merupakan kumpulan cara untuk kompres file PDF yang bisa kamu gunakan.

1. Menggunakan Microsoft Words

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
mandiner.hu

Cara pertama kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Words yang ada di PC/ laptop kamu, cara ini terbilang cukup mudah kamu hanya perlu menerapkan beberapa langkah untuk membuat file PDF kamu memiliki ukuran yang lebih kecil.

  • Pertama, buka file PDF yang ingin kita ringankan ukurannya dengan menggunakan Microsoft Words (2013, 2016 atau 2019).
  • Kedua, setelah file PDF terbuka dan berubah menjadi dokumen Words, kamu pilih Save As pada opsi untuk menyimpan dokumen, kemudian pilih format PDF.
  • Ketiga, pada bagian bawah tampilan Save As, pilih Minimum size (publishing online) dan kemudaian klik save untuk menyimpan.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
mysoftwarefree.com

Cara kedua untuk melakukan kompresi file PDF yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi/software khusus PDF dari adobe yaitu Adobe Acrobat Pro DC. Adobe Acrobat Por DC sendiri merupakan aplikasi PDF seri terbaru dari Adobe.

  • Pertama, buka file PDF yang ingin kamu kompres dengan menggunakan Adobe Acrobat DC.
  • Kedua, buka tools Optimize PDF yang ada di panel kanan.
  • Ketiga, pilih Reduce File Size.
  • Keempat, atur kompabilitas dari versi Adobe Acrobat yang digunakan dan klik OK.
  • Kelima, atur opsi pengoptimalan lanjutan dengan memilih Advanced Optimization di menu bagian atas untuk memperbarui gambar dan font yang dikompresi, kemudian klik OK.
  • Terakhir, Simpan file PDF yang sudah kamu kompres dengan memilih Save as. Kamu dapat menggunakan nama file yang sama lalu menimpanya (overwrite) atau menggunakan nama lain untuk file baru, sehingga file pdf yang memiliki ukuran besar tetap ada.

Namun jika Adobe Acrobat Pro yang kamu miliki bukan varian DC, kamu dapat menggunakan cara lainnya seperti,

  • Pertama buka file PDF yang ingin di kompres ukuran file-nya.
  • Kedua, klik menu file lalu pilih Save As Other, kemudian pilih Reduced Size PDF.
  • Selanjutnya akan muncul tampilah pop up dan piliih Retain Existing yang ada pada pilihan Make compatible with, selanjutnya klik OK.
  • Terakhir, pilih direktori folder penyimpanan untuk menyimpan file PDF yang di kompres dan klik Save.

3. Menggunakan Nitro PDF

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
malavida.com

NitroPDF merupakan salah satu aplikasi PDF yang terkenal selain Adobe Acrobat. Selain membaca file dengan format PDF, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakunan editing. Salah satu yang bisa dilakukan dengan menggunakan NitroPDF adalah dapat mengkompresi file PDF dengan Reduced Size. Sebagai catatan, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar.

  • Pertama buka file PDF yang ingin kita kompres dengan menggunakan NitroPDF.
  • Kedua, pilih menu File, lalu klik Optimize PDF dan pilih Reduced Size.
  • Selanjutnya klik Optimize dan tunggu proses kompres file PDF tersebut hingga selesai. Jika proses sudah selesai maka akan muncul pop up dengan informasi perbandingan file PDF yang asli dan file PDF yang sudah di kompres, kemudian pilih/klik Accept.
  • Terakhir, file PDF yang sudah dikompres tadi secara otomatis akan terbuka, lalu kamu tinggal menyimpannya dengan klik tombol Save.

4. Menggunakan Orpalis PDF Reducer

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
softpedia.com

Orpalis PDF Reducer merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengkompresi ukuran file PDF yang kamu miliki secara offline. Selain itu aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara gratis. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, kamu jangan menempatkan file source (sumber) dan destination (hasil kompresi) di satu folder yang sama. Ini dikarenakan Orpalis PDF Reducer tidak memberi peringatan re-write file PDF.

  • Pertama, cari file PDF yang ingin kita kompres ukurannya menjadi lebih kecil di tab Source.
  • Kedua, tentukan di mana kita akan menyimpan hasil file yang kita kompres pada tab Destination (jangan satukan folder Source dan Destination, pastikan folder Destination berbeda dengan folder Source).
  • Ketiga, pilih/klik tombol Start Batch dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika proses sudah selesai maka akan muncul pop up window dan klik OK.
  • Terakhir, kamu dapat mengakses atau melihat file PDF yang sudah kamu kompres di folder yang tadi kamu jadikan sebagai pilihan Destination (hasil kompresi).

5. Menggunakan Situs Web ilovepdf.com

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
ilovepdf.com

Cara ini merupakan cara online yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompresi file PDF dan membuatnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya. Ilovepdf.com sendiri merupakan website yang memungkinkan kamu untuk melakukan keperluan editing file PDF dengan fitur yang terbilang lengkap, mulai dari convert hingga menggabungkan file PDF menjadi satu.

  • Pertama, buka website ilovepdf.com, kemudian klik Compress PDF.
  • Kedua, Select PDF File dan pilih file PDF mana yang ingin kamu kompres agar memiliki ukuran yang lebih kecil.
  • Selanjutnya akan muncul 3 pilihan level kompresi yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah Extreme Compression (hasil maksimal namun kualitasnya akan menurun), Recommended Compression (hasil file kompresi dan kualitasnya seimbang), dan yang terakhir Less Compression (Hasil kompresi minimal namun kualitas filenya tinggi).
  • Setelah memilih, tunggu hingga proses kompresi selesai dan file PDF akan secara otomatis terunduh. Jika tidak terunduh secara otomatis, kamu dapat klik Download Compressed PDF.

6. Menggunakan Situs Web smallpdf.com

Kumpulan Cara untuk Kompres File PDF
smallpdf.com

Satu lagi cara yang memungkinkan kamu untuk mengkompresi file pdf yang kamu miliki secara online, yaitu melalui website smallpdf.com. Beberapa kelebihan jika menggunakan website ini adalah kamu dapat memilih file PDF yang sudah kamu simpan di Google Drive ataupun Dropbox.

  • Pertama buka website smallpdf.com, lalu kemudian pilih Compress PDF.
  • Kedua, kamu dapat melakukan drag and drop file PDF yang ingin dikompres ke dalam kotak atau menggunakan cara dengan memilih File.
  • Selanjutnya tunggu hingga proses selesai dan kamu dapat mengunduh file PDF yang sudah kamu kompres di website smallpdf.com. Selai itu kamu juga dapat menyimpannya pada akun Google Drive atau Dropbox yang kamu miliki.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.