Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus

Virus menjadi masalah yang sangat mengganggu untuk semua pengguna laptop, karna virus dapat menyebabkan penurunan kinerja laptop atau bahkan merusak system yang ada pada laptop, virus juga dapat menghilangkan beberapa data-data penting yang ada pada laptop, dan masih banyak kerugian-kerugian yang disebabkan oleh virus ini.

Banyak pengguna laptop yang akhirnya berusaha untuk menghilangkan virus-virus pada laptop yang digunakan. Penyebab adanya virus pada laptop memiliki banyak faktor seperti, pada saat mendownload file yang ada di internet seperti film ataupun lagu lalu didalam file tersebut terdapat virus dan akhirnya virus-virus tersebut menginfeksi laptop yang digunakan.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Jika kamu memiliki masalah dengan virus di perangkat laptop kamu, berikut merupakan cara menghilangkan virus shortcut di laptop dan jenis-jenis virus.

1. Dengan Menggunakan Command Prompt

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
en.wikipedia.org

Cara menghilangkan virus yang pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt. Dengan menggunakan Command Prompt ini juga menjadi salah satu alternatif, karna Command Prompt ini sendiri sudah tersedia pada laptop yang kamu gunakan dan dengan menggunakan Command Prompt ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi antivirus.

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah kamu klik pada icon Windows yang ada di bagian kiri bawah lalu ketik cmd pada kolom pencarian dan klik kanan lalu pilih Run as administrator
  2. Selanjutnya jika kamu sudah berada pada tampilan awal Command Prompt, kamu pilih drive mana yang ingin kamu tuju, sebagai contoh dir D: attrib -s-h/s/d. lalu tekan tombol Enter. Jika kamu ingin melakukan pemeriskaan pada drive lain maka kamu hanya perlu mengubah huruf D dengan drive yang ingin kamu periksa.
  3. Kemudian Command Prompt akan melakukan eksplorasi pada drive yang kamu pilih tadi dan memuat semua file pada drive yang tadi kamu pilih.
  4. Selanjutnya kamu cari file yang menurut kamu mencurugakan dengan memiliki format .EXE dan kamu merasa tidak pernah melakukan install pada file tersebut. kamu hapus dengan menggunakan Command Prompt.
  5. Jika file yang mencurigakan tersebut tidak dapat dihapus dengan Command Prompt maka kalan dapat menghapusnya dengan cara kamu klik icon windows pada bagian pojok kiri bawah pilih Run pilih Regedit pilih Edit dan pilih Find kemudian kamu masukan nama file mencurigakan yang kamu temukan pada Command Prompt dan hapus semua yang ada termasuk folder sekalipun

2. Dengan Menggunakan Task Manager

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
howtogeek.com

Cara kedua untuk menghilangkan virus pada laptop adalah dengan menggunakan Task Manager. Dengan menggunakan task manager ini kamu juga tidak menggunakan aplikasi antivirus.

  1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan, kamu buka task manager dengan cara tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan
  2.  Kamu cari layanan yang mencurigakan dan segera matikan
  3. Kemudian klik File lalu pilih Create New Task lalu ketik msconfig, jika sudah klik OK
  4. Selanjutnya seletah kamu masuk kedalam System Configuration, kamu pilih Services. Kamu diharuskan untuk menghapus semua kolom centang yang terlihat mencurigakan. Seperti, kamu kamu tidak pernah merasa menginstall namun ada pada pilihan tersebut.
  5. Setelah itu kamu masuk kedalam pilihan Starup dan disini kamu melihat file yang mencurigakan menurut kamu. Jika kamu menemukannya langsung saja kamu tandai file tersebut
  6. Lalu kamu buka Command Prompt, kemudian kamu cari file yang mencurigakan tersebut dan hapus dengan menggunakan CMD sama seperti pada cara yang pertama.

3. Dengan Menggunakan Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
avast.com

Cara ketiga untuk menghilangakan virus yang ada pada Laptop adalah dengan menggunakan pihal ketika atau menggunakan AntiVirus. Tentu saja dengan cara ini kamu tidak akan menggunakan cara manual seperti cara-cara sebelumnya.  Untuk menghilangakan virus pada laptop dengan menggunakan antivirus, kamu dapat menggunakan antivirus seperti Smadav, AVG, Avira, Avast, Norton, Kaspersky dan antivirus yang lainnya.

Kamu gunakan antivirus yang menurut kamu sebagai antivirus terbaik dan jangan lupa kamu untuk melakukan update secara rutin dan melakukan scanning dengan cara menjalankan antivirus yang kamu gunakan. Jika sewaktu-waktu virus menginfeksi perangkat kamu, antivirus akan mendeteksi virus tersebut dan membersihkan file-file jahat yag berpotensi merusak Laptop kamu.

  1. Virus Shortcut
Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
dewailmu.id

Virus Shortcut adalah virus yang bekerja dengan cara bersembunyi pada file asli yang ada di PC, laptop ataupun flashdisk. Proses menyembunyikan yang dilakukan oleh virus ini dengan cara mengubah file attribute menjadi super hidden, lalu virus Shortcut akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk Shortcut.

Virus Shortcut sendiri memiliki cara kerja yang sangat jauh berbeda denganvirus-virus lainnya yang dimana virus Shortcut sendiri tidak merusak file pada perangkat yang dia tumpangi, melainkan hanya menyembunyikannya dalam bentuk super hidden.

Jika PC, Laptop atau Flashdisk yang kamu gunakan  tidak di etting untuk menampilankan file dengan attribute super hidden, maka file yang asli tersebut seolah-olah tidak terlihat atau menghilang.

Virus Shortcut ini juga bisa disebabkan oleh Flashdisk yang awalnya sudah terinfeksi dari perangkat lain atau bisa juga PC atau laptop yang tadinya bersih dari virus tertancap flashdisk yang sudah terinfeksi dengan virus tersebut.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan Virus Shortcut dari perangkat kamu

  1. Pertama-tama kamu tancapkan flashdisk pada PC atau laptop kamu
  2. lalu kamu buka Command Prompt dengan menekan tombol dengan icon Windows + R
  3. lalu kamu ketik cmd pilih OK
  4. jika kamu sudah berada di halaman Command Prompt, kamu lalukan cek pada flashdisk kamu. Jika flashdisk kamu berada pada partisi G, maka kamu ketik G: lalu tekan tombol Enter
  5. selanjutnya kamu ketik attrib -s -h -r -a *.* /s /d dan kamu tunggu hingga prosesnya selesai
  6. langkah berikutnya adalah kamu lakukan cek pada flashdisk kamu apakah folfer sudah kembali normal atau tidak. Jika semua folder sudah kembali maka kamu tinggal menghapus folder yang aneh dan tidak jelas

Berikut adalah jenis-jenis virus yang ada pada laptop:

1. Worm

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
pixabay.com

Worm adalah virus yang dapat menyebar tanpa harus memerlukan interaksi khoso pada perangkat penggunanya. Kebanyakan penyebaran virus ini disebebkan oleh kiriman lampiran pada email yang diterima oleh pengguna, ketika file tersebut dijalankan pada laptop pengguna virus dengan jenis worm ini mulai untuk menginfeksi dan menyebar pada perangkat yang digunakan oleh pengguna.

2. Spyware

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
helpdeskgeek.com

Spyware adalah vsebuah program virus yang dapat menginstal dirinya sendiri pada perangkat pengguna yang telah terinfeksi tanpa si pengguna ketahui. Virus Spyware ini juga dapat melakukan perubahan pada konfigurasi PC atau Laptop atau mengumpulkan  data-data pribadi milik si pengguna PC atau Laptop.

3. Trojan

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Jenis-Jenis Virus
course-net.com

Virus dengan jenis trojan ini merupakan virus yang memiliki kemapuan untuk menyembunyikan dirinya sendiri didalam program-program yang ada di dalam PC atau Laptop korban. Virus ini menginfeksi perangakat korban tanpa harus perlu melakukan interaksi dengan si pengguna perangkat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.