Kumpulan Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Kumpulan Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Smartphone kini menjadi perangkat elektronik serbaguna dengan berbagai macam fungsi dan kegunaan, salah satunya adalah smartphone dengan sistem operasi Android. Bagi sebagian orang smartphone menjadi tempat penyimpanan berkas yang aman, karna kita sebagai pengguna selalu membawa dan dapat melakukan cek pada berkas yang kita simpan pada smartphone.

Berbagai jenis format file juga dapat di simpan pada smartphone Android, mungkin kita pernah mengalami kesalahan yang tidak disengaja yang membuat masalah itu menjadi sangat gawat, yaitu tidak sengaja menghapus file yang sekiranya penting untuk kita.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu luar biasa kamu tidak perlu khawatir, karena ada solusi dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file-file yang sudah terhapus pada smartphone Android kamu. Banyak cara untuk mengembalikan file-file yang terhapus dengan sengaja maupun tidak disengaja.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Jika kamu sedang mencari cara untuk mengembalikan file penting kamu yang terhapus di Android, berikut merupakan kumpulan cara mengembalikan file yang terhapus di Android.

1. Menggunakan Wondershare MobileTrans

Kumpulan Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android
androidhive.info
  1. Partama, kamu download dan instal Wondershare MobileTrans di Komputer.
  2. Jika kamu sudah mendownload dan instal Wondershare MobileTrans, kamu sambungkan smartphone kamu pada komputer dengan menggunakan kabel USB. Saat kamu menyambungkan smartphone dengan komputer kamu aktifkan mode USB debugging pada smartphone kamu.
  3. Selanjutnya, jika kamu smartphone kamu sudah tersambung dengan komputer, buka Wondershare MobileTrans dan pastikan pada aplikasi tersebuh smartphone kamu sudah tersambung dengan aplikasi.
  4. Pada tahap ini kamu tinggal memilih file-file mana yang ingin dikembalikan.
  5. Jika kamu sudah selesai untuk memilih mana file yang ingin dikembalikan, aplikasi ini akan dengan otomatis melakukan scanning dan memunculkan kembali file-file yang hilang. Jika kamu sudah menentukan file mana yang ingin dikembalikan klik Recover.
  6. Pada tahap ini kamu tunggu sampai proses selesai
  7. Terakhir, jika proses sudah selesai, file-file yang sudah berhasil di kembalikan.

2. Menggunakan Mobikin Doctor

Kumpulan Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android
mobikin.com
  1. Pertama, kamu harus download dan instal Mobikin Doctor pada perangkat koputer kamu
  2. Jika kamu sudah selesai mendownload dan instal Mobikin Doctor, sambungkan smartphone kamu pada pada perangkan komputer dengan menggunakan mode USB debugging.
  3. Jika sudah tersambung, dengan otomatis Mobikin Doctor akan melakukan scanning.
  4. Kemudian, pada tahap ini kamu memilih file-file mana saja yang ingin dikembalikan, berbagai macam format file dapat dipulihkan dengan Mobikin Doctor ini.
  5. Jika kamu sudah memilih mana file-file yang akan dikembalikan, kamu tinggal klik Recover yang terdapat pada bagian kiri bawah  Mobikin Doctor.
  6. Ttunggu beberapa saat untuk pengembalian file-file tersebut
  7. Terakhir, jika proses telah selesai, maka file-file yang tadi kamu pilih sudah kembali pada perangkat kamu.

3. Menggunakan Software Recuva File Recovery

Kumpulan Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android
jalantikus.com
  1. Jika kamu belum memiliki software tersebut, kamu bisa mendownload Recuva File Recovery di situr resminya.
  2. Jika kamu sudah selesai mendownload dan menginstal software tersebut, kamu buka software Recuva File Recovery dan sambungkan smartphone kamu pada perangkat komputer  dengan menggunakan kabel USB.
  3. Kemudian akan muncul tampilan yang menunjukan tipe file apa saja yang akan kamu kembalikan, pada tahap ini kamu pilih All Files.
  4. Pada tahap selanjutnya, kamu harus menentukan dimana file-file yang sebelumnya hilang atau terhapus, jika kamu sudah menentukan lokasinya, klik Ok untuk memulai proses pencarian.
  5. Pada tahap ini kamu harus sedikit bersabar, karna software tersebut sedang melakukan scanning untuk mencari file-file yang hilang atau terhapus.
  6. Jika proses scanning sudah selesai, kamu memilih file-file mana yang ingin dikembaliakan
  7. Tuggu proses pengembalian file-file yang sudah dipilih tadi.
  8. Jika proses pengembalian sudah selesai, maka file-file yang tadi kamu pilih sudah berhasil dikembalikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.