10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu

10 Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC

Daftar Emulator Android Terbaik – Smartphone anroid yang kamu miliki sedang rusak atau sudah terlalu lemot?

Atau kamu ingin memainkan game-game android kekinian namun smartphone yang kamu miliki memiliki spesifikasi kentang sehingga tidak bisa menjalankan dan memainkan game-game android kekinian?

Atau kamu hanya sekadar ingin mencoba pengalaman mengoperasikan android di pc kamu?

Jika hal yang sudah disebutkan di atas benar adanya, maka sebenarnya tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, sekarang ini kamu juga dapat mengoperasikan android di pc yang kamu miliki, baik itu bermain game, mencoba pengalaman baru, menginstall aplikasi aplikasi android layaknya di smartphone atau yang lainnya.

Hal ini dikarenakan sudah banyaknya emulator android yang tersedia yang memungkinkan kamu untuk menggunakan android di pc kamu.

Setiap emulator android memiliki keunggulan fitur dan ciri khas tampilannya masing-masing.

Bahkan beberapa emulator android memang ada yang dioptimalkan khusus untuk penggunaan gaming.


Emulator Android


Penasaran apa saja? Berikut merupakan 10 emulator android terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan android di pc atau laptop kamu.

1. Nox Player

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
bignox.com

Jika berbicara soal Nox Player, tentunya sudah bayak orang yang tahu dan menggunakan emulator android yang satu ini.

Nox Player merupakan emulator android populer yang juga adalah salah satu emulator terbaik dan memungkinkan kamu untuk menjalankan android di pc atau laptop yang kamu miliki.

Layaknya pada smartphone android, dengan Nox Player kamu bisa menginstall dan menggunakan ribuan aplikasi menarik yang tersedia, mulai dari berbagai macam aplikasi sosial media, berbagai macam game dan berbagai macam aplikasi lainnya yang kamu ingin gunakan di pc kamu namun dengan tampilan seperti pada ponsel.

Emulator android Nox Player berjalan menggunakan android dengan versi 4.4.2, dimana versi ini juga merupakan versi yang paling banyak digunakan pada hampir semua emulator android yang ada sekarang ini.

Meskipun begitu kamu tetap dapat dimungkinkan untuk menggunakan hampir dari semua aplikasi yang tersedia di di katalog Google Play Store.

Fitur lainnya yang membuat Nox Player menari diantaranya adalah kamu dapat mengubah dan menyesuaikan kontrol untuk kemudahan penggunaan emulator ini.

Ketika kamu sedang menjalankan aplikasi, kamu dapat membuat kontrol secara khusus yang kamu atur sesuai dengan keinginan dan kemudahanmu secara mudah dan juga intuitif.

Hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk kamu mengkonfigurasikan kontrol pada Nox Player untuk dapat beradaptasi dengan semua game android yang kamu mainkan menggunakan emulator ini.

2. MEmu – Android Emulator

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
memuplay.com

MEmu merupakan salah satu emulator android yang juga populer namun yang menjadi pembedanya adalah emulator ini memiliki spesialisasi untuk game, sehingga kamu dapat menikmati berbagai macam game ekslusif yang teresdia secara khusus di android untuk dimainkan di pc atau laptop kamu.

Kamu tidak perlu lagi menyesuaikan pengaturan-pengaturan tertentu atau mengkonfigurasi kontrol, cukup hanya install dan mainkan.

Untuk menginstall aplikasi androd di MEmu juga tergolong mudah, kamu hanya perlu klik tombol apk yang berada di sisi kanan tampilan emulator ini, lalu pilih apk game yang ingin kamu install dan mainkan, kemudian tunggu beberapa detik dan game akan terinstall serta siap untuk kamu mainkan.

Game-game seperti Clash of Clans, Subway Surfers, Minion Rush, dan juga Geometri Dash hanyalah beberapa contoh game yang bisa kamu mainkan menggunakan emulator ini.

Tidak hanya menginstall game saja yang mudah dilakukan dengan MEmu, untuk kontrol dari game yang dimainkan juga biasanya sudah di atur dan kamu hanya tinggal memainkan game-nya saja.

Namun, jika kamu tidak menyukai kontrol bawaan dari MEmu, kamu juga bisa memodifikasinya dengan sangat mudah, atau kamu juga bisa menggunakan kontroler eksternal.

Dengan MEmu, kamu bisa mengakses keseluruhan katalog game yang tersedia pada emulator android ini pada pc atau laptop kamu.

Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan spesifikasi pc yang sangat tinggi untuk menjalankan game-game di emulator ini dengan sempurna.

3. BlueStacks App Player

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
pricebook.co.id

Satu lagi emulator android populer yang juga sudah digunakan oleh banyak orang sejak lama, BlueStacks App Player merupakan emulator android ringan yang memungkinkan kamu untuk melakukan instalasi berbagai macam aplikasi dan menggunakannya di pc atau laptop kamu.

Ketika kamu sedang menjalankan BlueStacks App Player dan mendapatkan notifikasi pertanyaan apakah kamu memiliki ponsel android, jika iya, kamu bisa menautkannya ke BlueStacks App Player dan juga melakukan sinkronisasi semua aplikasi dan dokumen  dengan akun yang sedang kamu gunakan sekarang ini.

Namun jika tidak juga tidak masalah, kamu masih tetap bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunduh aplikasi dan juga menginstall-nya.

Untuk mengunduh aplikasi di BlueStacks App Player juga tidaklah sulit, kamu cukup menulis nama aplikasi atau game yang ingin kamu cari dan klik tombol unduh, lalu dalam hitungan detik aplikasi atau game yang kamu install sudah bisa dijalankan di pc atau laptop-mu. Karena emulator, maka mouse akan berperan sebagai jari pada aplikasi dan game yang kamu install.

Selain itu, kamu juga menginstall berbagai macam aplikasi dan game yang kamu inginkan melalui Google Play Store. Pilihan program juga memungkinkan kamu untuk melakukan kustomisasi atau konfigurasi bahasa perangkat dan juga kontrol emulator.

4. Andy

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
howtodroid.com

Andy merupakan emulator android yang juga memungkinkan kamu untuk mengunduh, memasang, dan menggunakan berbagai macam aplikasi atau game android di pc atau laptop kamu.

Semuanya dilakukan tanpa harus terlebih dahulu menyiapkan mesin virtual atau melakukan serangkaian proses yang rumit.

Emulator Andy juga terbilang sangat intuitif, dimakan kamu cukup menggunakan kursor mouse layaknya menggunakan jari ketika sedang menggunakan smartphone, bahkan melakukan scroll pada mouse juga seperti sedang melakukan swipe ke bawah atau ke atas menggunakan ujung jari.

Hal ini membuat kamu tidak akan mendapatkan masalah yang berarti ketika sedang berada di balik kontrol emulator android Andy ini.

Bicara tentang kompabilitas, Andy benar-benar emulator android yang memberikan bagus pada kamu.

Sebagai pengguna, kamu bisa memasang emulator, menginstall, menjalankan dan juga memainkan game android apapun secara virtual tanpa adanya masalah, misalnya seperti game Clash of Clan, Candy Crush Saga, Fruit Ninja, Plant vs Zombie 2, The Sims, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Atau jika kamu tidak terlalu memiliki minat bermain game android di pc atau laptop kamu juga dapat menginstal aplikasi sosial media misalnya seperti WhatsApp atau yang lainnya.

Penggunaannya pun juga terbilang mudah dan sama dengan ketika kita akan menggunakan WhatsApp di smartphone.

5. AMIDuOS 2

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
windows10freeapps.com

AMIDuOS 2 merupakan emulator android yang dibuat secara gratis oleh American Megatrends. Sebuah emulator android yang mendukung sampai kepada sistem android terbaru saat ini dan memungkinkan kamu untuk mencari, mengunduh, dan menggunakan berbagai macam aplikasi android di pc atau laptop kamu layaknya ketika sedang mengoperasikan android di ponsel.

Emulator android AMIDuOS 2 juga terbilang ringan dan menjalankan android berbasis android Lollipop 5.0.1.

Namun, untuk kamu yang ingin menggunakan AMIDuOS 2, emulator android ini harid dalam versi berbayar, untuk menggunakannya, sebagai pengguna kamu harus membayar sebesar $15.

Jika pc atau laptop kamu menggunakan prosessor amd, sangat disayangkan  kamu tidak bisa menggunakan emulator ini.

Ketika pertama kali menginstall AMIDuOS 2, tidak banyak aplikasi bawaan yang sudah terinstal, termasuk tidak adanya berbagai macam aplikasi dari Google, misalnya seperti Google+, Google Play Games, Google Play Store atau yang lainnya.

Untuk beberapa pengguna hal ini sedikit mengganggu karena aplikasi- aplikasi google tersebut dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi atau game-game tertentu.

Konfigurasi pada emulator AMIDuOS 2 juga terbilang cukup mudah, semuanya tersedia di DuOS Configuration Tool, dimana pada tampilan ini kamu dapat mengatur berbagai macam settingan pada AMIDuOS 2, misalnya seperti pengaturan secara general, advanced, input map, came dan bahkan GPS. Selain itu, AMIDuOS 2 juga menyediakan dua opsi pengguna, yaitu mode root dan juga non-root.

6. XePlayer

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
xeplayer.com

XePlayer merupakan salah satu emulator android yang juga memungkinkan kamu untuk dapat mengunduh, menginstall dan menjalankan berbagai macam aplikasi dan game android di pc atau laptop kamu. Ukuran download emulator ini tidak jauh berbeda dengan emulator lainnya, yaitu berkisar 340 MB.

Dari segi tampilan, emulator android XePlayer memiliki tampilan yang simpel dan cukup sederhana.

Pada bagian kanan tampilannya, tersusun secara rapi berbagai menu seperti menu untuk menginstall apk, mengaktifkan atau melakukan setting dan konfigurasi tombol keyboard dan yang lainnya.

Bahkan XePlayer disebut-sebut sebagai pesaing dari emulator android NoxPlayer.

Emulator android XePlayer juga menawarkan kemudahan kustomisasi atau konfigurasi kontroler pada keyboard untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan ketika memainkan game android di pc atau laptop yang kamu miliki. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih model ponsel apa yang ingin digunakan.

Pilihan model ponsel tersedia pada menu setting, dimana kamu dapat memilih tipe ponsel merek Samsung atau Huawei sebagai basis dari emulator android yang kamu gunakan.

Ketika kamu sedang mengakses Googl Play Store, maka emulator android ini akan mendeteksinya sebagai merek Samsung atau Huawei tergantung pengaturan mana yang kamu gunakan.

7. Remix OS Player

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
fullversionforever.com

Remix OS Player merupakan emulator android populer yang juga banyak digunakan oleh banyak orang dan didasarkan pada Androidx86, yang memungkinkan kamu sebagai penggunannya menginstall dan menjalankan android di pc atau laptop yang dimiliki.

Layaknya emulator android pada umumnya, Remix OS Player juga memungkinkan kamu untuk dapat mengunduh, menginstall, dan menjalankan berbagai macam aplikasi dan game android yang kamu inginkan di pc atau laptop kamu.

Bagian menarik dari emulator android Remix OS Player adalah desain tampilan antarmukanya. Remix OS Player memiliki antarmuka yang rapi dengan jendela yang ukurannya dapat diubah sesuai kenyamanan penggunanya dan taskbar yang juga di desain untuk kenyamanan pengguna.

Persentase kompabilitas emulator android Remix OS Player terbilang tinggi, kamu dapat menggunakan katalog aplikasi dan game lalu menginstall dan menjalankannya.

Lalu, kamu pun dapat mengatur dan mengkonfigurasi keyboard dan juga mouse kamu untuk dapat menggantikan gerakan pada layar tampilan android.

Fitur lainnya dari Remix OS Player adalah emulator android ini mendukung versi android Marshmallow dan jika kamu gemar bermain game, emulator ini juga sudah memberikan optimisasi untuk memberikan kamu pengalaman bermain game yang lebih baik lagi.

Namun aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan, misalnya seperti tidak memiliki dukungan untuk pc atau laptop yang menggunakan processor berbasis AMD.

8. Manymo

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
malavida.com

Manymo merupakan emulator android yang dapat kamu gunakan tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu di pc atau laptop kamu, berbeda dengan emulator android lainnya, Manymo dapat kamu gunakan dan akses melalui browser tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu di pc atau laptop yang kamu miliki.

Tentunya hal ini juga akan membuat penyimpanan pada pc atau laptopmu menjadi lebih hemat lagi dari sebelumnya.

Manymo menyediakan berbagai macam versi android, mulai dari versi lama sampai versi yang terbaru.

Jika kamu ingin menggunakan Manymo dan menggunakan berbagai macam fitur yang tersedia, kamu harus mendaftarnya terlebih dahulu untuk masa uji coba (free trial) dan jika kamu ingin menggunakan fitur-nya secara keseluruhan kamu harus membayarnya.

Setelah mendaftar di Manymo, kita akan mendapatkan notifikasi email yang selanjutnya kita akan diarahkan ke akun Manymo kita. Di Manymo, tersedia sekitar 40 variasi mulai dari ukuran layar sampai dengan versi android.

Namun sebenarnya Manymo ini lebih cocok digunakan untuk mensimulasikan aplikasi android mengikuti ukuran layar dan resolusi yang kamu tentukan.

9. KoPlayer

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
downzen.com

KoPlayer merupakan emulator android yang memungkinkan kamu untuk menikmati semua jenis aplikasi dan game android serta mengaksesnya langsung dari pc atau laptop yang kamu miliki dengan sangat mudah. KoPlayer bisa menjadi emulator android alternatif yang bisa kamu gunakan.

Salah satu fitur andalan KoPlayer adalah kamu tidak lagi harus mengatur pilihan apapun, ketika proses instalasi emulator selesai, kamu bisa langsung membuka dan menggunakannya untuk mengunduh atau menginstal berbagai macam aplikasi dan game android yang ingin kamu gunakan.

Dengan KoPlayer kamu dapat mengkonfigurasikan atau mengatur pilihan kontrol dengan mudah dan intuitif agar memberikan kamu pengalaman bermain game menggunakan emulator ini menjadi lebih baik lagi.

Bahkan jika kamu memiliki kontroler gamepad, kamu dapat mengkonfigurasikannya sehingga kamu bisa menggunakannya untuk memainkan berbagai macam game yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, KoPlayer juga menawarkan fitur lainnya seperti mengatur resolusi layar yang kamu gunakan, menangkap layar (screenshot), dan kamu juga bisa membuat layar android virtual kamu menjadi lebih kecil atau besar pada saat-saat tertentu.

10. Genymotion

10 Daftar Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Android di PC Kamu
malavida.com

Genymotion merupakan salah satu emulator android yang memungkinkan kamu untuk memberikan kemudahan jika kamu adalah seorang developer aplikasi android dan ingi mengujinya terlebih dahulu di beberapa perangkat sekaligus.

Kamu dapat menggunakan emulator android ini untuk mengemulasi sekitar 12 perangkat android, emulator ini juga dapat mendeteksi secara otomatis keyboard, mouse dan juga koneksi internet.

Selain mudah digunakan, emulator ini juga memiliki fungsi lanjutan untuk para ahli dan developer aplikasi.

Selain itu fitur lainnya yang dapat kamu nikmati dari emulator android Genymotion adalah aplikasi ini bisa menjalankan android dengan dukungan versi sampai dengan 6.0 atau Marshmellow.

Umumnya, emulator android Genymotion ditujukan untuk pada developer, saat ini juga sudah tersedia versi android dengan basis Oreo.

Namun sayangnya Genymotion tidak sepenuhnya gratis, kamu dapat mencoba trialya terlebih dahulu, lalu setelah masa trialnya sudah habis, kamu akan diberikan opsi untuk berbayar setiap tahunnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.